WEEKLY MARKET RECAP 20 Desember – 24 Desember2021
Oleh: Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal (KSEP) ITB
View PDF
27 Dec 2021

Pada minggu keempat bulan Desember ini, IHSG mengalami penurunan, yakni sebesar 0,59 % atau 39,03 poin yakni 6.562,89 dengan titik tertinggi 6.592,16 dan titik terendah 6.529,59

Sepanjang perdagangan pekan ini, volume perdagangan pasar tercatat sebesar 121,0 B lembar saham, dan turnover 52,7 T rupiah dalam satu minggu ini.


HIGHLIGHT

ADRO Bangun Pabrik Aluminium

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) baru saja melakukan aktivitas CAPEX terbarunya dengan membangun bisnis di sektor non batubara yaitu pabrik pengolahan (smelter) di Kawasan Industri Hijau Indonesia. Wakil Direktur Utama memproyeksikan aktivitas tersebut dapat mengurangi impor aluminium nasional serta dapat menignkatkan penerimaan pajak negara.

ERAA Adaptasi Dengan Berekspansi

PT Erajaya Swasembada (ERAA) melalui anak perusahanynya yaitu PT Erajaya Active Livestyle membuka gerai bernama JD Sport guna menjual produk-produk fashion olahraga. Selain itu, ERAA juga menjalin Kerjasama dengan 7-Eleven Malaysia untuk membangun joint ventures bernama PT Era Caring Indonesia yang berfokus pada bisnis farmasi dan pelayanan Kesehatan. Tidak hanya itu, sektor kuliner juga digarap ERAA melalui anak perusahannya yaitu Erajaya Food & Nourishment dengan bekerjasama bersama Paris Bagguete yang merupakan toko roti asal Korea Selatan.

ASII Optimis Melihat 2022!

PT Astra Internasional Tbk (ASII) sedang berusaha memperkuat market share dengan penetapan baseline 50%. Menurut petinggi ASII, perubahan kebijakan pemerintah terhadap insentif PPnBM dapat meningkatkan penjualan mobil di tahun 2022. Hal tersebut dimanfaatkan ASII dengan meluncurkan beberapa produk baru seperti Avanza, Xenia, Raize dan Rocky.


RECAP IHSG

Selama minggu keempat bulan Desember ini, IHSG telah mengalami kenaikan setelah penurunan yang sangat drastis setelah reatliasi ditemukannya Covid-19 vairan baru di Afrika dan penurunan tersebut masih memiliki momentum. IHSG telah recover mecapai harga penutupan 6,562.89 rupiah. Proyeksi kedepannya adalah melanjutkan tren turun dan menetap di resistance terdekat yakni sekitar 6.600-an sebelum rebound atas hasil jatuhnya.

Berdasarkan indicator MACD IHSG sejak awal minggu sudah konvergen dan sekarang memiliki momentum yang kecil. RSI di atas 50 yang menunjukan uptend dan stochastic menunjukan bahwa akan banyak over selling.




Artikel ini telah diterbitkan di:

https://www.linkedin.com/feed/update/urn:li:activity:6880898077734113280/